Lomba Kompetensi Siswa SMK tingkat Provinsi Jawa Barat Bidang Farmasi Tahun 2019

Diposting pada: 2019-11-28, oleh : SMKN7BANDUNG, Kategori: Prestasi Siswa

Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat provinsi jawa barat tahun 2019 yang berlangsung dari tanggal 18-21 November 2019 memperlombakan 31 mata lomba yang diikuti oleh seluruh SMK perwakilan kota/kabupaten seluruh jawa barat. Salah satu bidang lomba yang dipertandingkan adalah kompetensi Farmasi. Bidang lomba farmasi diikuti oleh 25 peserta sebagai perwakilan 27 kota/kabupaten di jawa barat. Ada 2 kabupaten yang tidak mengirimkan wakilnya untuk bidang lomba farmasi yaitu kabupaten purwakarta dan kabupaten banjar.

Bidang lomba farmasi yang dinilai meliputi praktek pembuatan sediaan obat dan administrasinya 60%, presentasi pembuatan produk 20% dan tes teori 20% dan untuk mencegah keberpihakan, lomba dinilai oleh juri; Dr. Timbul Partogi Simorangkir, M.Si., Apt. (Lembaga Farmasi TNI AD), Dr. Dolih Gozali, M.S., Apt. (Farmasi Unpad) dan Sri Setiatjahjati, S.Si., M.M.Kes., Apt. (Persatuan Ahli Farmasi Jawa Barat).

Kegiatan LKS SMK tingkat provinsi Jawa Barat dibuka di SMKN 6 Bandung pada hari Senin, 18 November 2019 jam 10.00 dan dilanjutkan dengan technical meeting di sekolah tempat bidang lomba diadakan. Untuk Farmasi, technical meeting dilakukan di SMKN 7 Bandung mulai jam 13.30-16.00. Pada saat technical meeting dijelaskan secara detail teknis lomba mulai dari jadwal pelaksanaan lomba, materi lomba, sistem lomba dan cara penilaian. Pada momen ini seluruh peserta dan pembimbing diberi kesempatan untuk bertanya hal-hal yang belum dipahaminya. Pelaksanaan lomba tidak ada keberpihakan karena identitas peserta disembunyikan, peserta menggunakan jas laboratorium dengan nomor urut peserta tanpa ada nama atau identitas sekolah atau kota asal.

Setelah technical meeting dilanjutkan dengan kunjungan tempat uji kompetensinya (TUK) dengan maksud peserta mengenal tempat lombanya terutama alat dan bahan  yang akan digunakan beserta penyimpanannya.

Lomba dilaksanakan keesokan harinya yaitu 19 November 2019 dimulai dengan praktek pembuatan sediaan dan administrasi farmasi (jam 08.00-13.00) dan dilanjutkan dengan presentasi pembuatan sediaan (jam 14.00-18.00). Hari ke-2 lomba tanggal 20 November 2019 adalah tes teori meliputi pengetahuan peracikan obat, farmakologi dasar dan administrasi farmasi.

Setelah lomba selesai dilanjutkan dengan evaluasi lomba oleh juri yaitu dijelaskan sistem penilaian yang dilakukan dan temuan kesalahan yang terjadi. Banyak temuan kesalahan yang didapat juri, dijelaskan prosedur yang benarnya sehingga akan menjadi perbaikan untuk ke depannya.

Pengumuman pemenang lomba dan penutupan dilaksanakan di SMKN 6 Bandung tanggal 21 November 2019, dan untuk bidang lomba farmasi didapat hasil sebagai berikut:

  • Juara I: Desta Fitri Maharani, perwakilan dari kota Bandung, berasal dari SMKN 7 Bandung dengan total nilai 85,62
  • Juara II: Alinda Safitri Mardiana, perwakilan dari kota Bogor, berasal dari SMK Farmasi Bogor dengan total nilai 85,50
  • Juara III: Dinah Fatia H, perwakilan dari kota Bekasi, berasal dari SMK Bina Husada Mandiri Bekasi dengan total nilai 85,09

Juara I akan mewakili Jawa Barat di LKS tingkat nasional yang akan berlangsung di Banjarmasin pada bulan Juni 2020.

Selamat buat para juara!


Berita Lainnya